BUDAYA PERUSAHAAN PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK
Nama :
Kalila Serin Xaviera
NPM :
13217120
Kelas :
3EA11
BUDAYA
PERUSAHAAN PT.
INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK
Menurut
Franiscus Welirang sang Direktur PT. Indofood Sukses Makmur Tbk dalam
koran-sindo.com. Disiplin, menjunjung tinggi integritas, menghargai pemangku
kepentingan, dan inovasi yang berkelanjutan, adalah nilai-nilai yang senantiasa
ditekankan di lingkungan PT Indofood
Sukses Makmur Tbk.
Nilai-nilai tersebut amat penting artinya untuk menjaga
keberlanjutan perusahaan. Pasalnya, perusahaan yang memiliki visi jangka
panjang tidak akan mengejar keuntungan semata. “Kinerja perusahaan itu jangan
hanya dinilai dari sudut finansial atau berapa besar profit yang diperoleh,
melainkan ada pemikiran dan tindak-tanduk yang lebih dari itu. Misalnya
perhatian terhadap masyarakat sekitar dan lingkungan yang harus kita jaga
keberlanjutannya.
Lebih lanjut lagi tentang budaya kerja yang sudah diterapkan
di PT Indofood ini adalah :
a.
Budaya Kerja Discipline
Perusahaan
telah menerapkan budaya kerja disiplin. Salah satunya, perusahaan menuntut
karyawan untuk datang tepat waktu di kantor setiap hari. Hal tersebut merupakan
hal positif yang harus dikerjakan dengan penuh tanggung jawab, sehingga budaya
disiplin dapat diterima oleh karyawan. Sehingga tidak ada nya juga pembuangan
waktu atau waktu yang sia sia.
b.
Budaya Kerja
Unity
Perusahaan memberikan
pergantian kerja atau shift kerja sesuai dengan jadwal kerja. Setiap karyawan
dituntut untuk saling bekerja sama satu sama lain tanpa ada pembebanan pada
salah satu karyawan atau divisi. Mereka semua dituntun untuk bisa bekerjasama
dalam menghadapi semua keadaan dan pekerjaan. Tidak ada pembedaan antara yang
shift pagi atau sore semua sama saja.
c.
Budaya kerja
Respect
Perusahaan telah
menerapkan budaya kerja respect. Salah satunya adalah perusahaan memberikan
penghargaan kepada karyawan yang berprestasi, menuntut karyawan agar bisa
menjaga sikap, serta dalam berkomunikasi menggunakan bahasa yang mencerminkan
rasa hormat. Selain itu, hal ini membuat karyawan berlomba lomba mengerjakan
sesuatu dengan baik dan sempurna, dan juga karyawan juga merasa dihargai atas
kerja keras mereka selam ini dalam membangun perusahaan.
d.
Budaya Kerja
Integrity
Perusahaan telah menerapkan budaya kerja
Integrity. Karyawan setuju karena perusahaan memberikan peraturan yang positif
kepada karyawan, antara lain karyawan dituntut untuk bersikap jujur, bertanggung
jawab dalam bekerja, serta mengerjakan pekerjaan sesuai dengan peraturan
perusahaan. Hal ini membuat karyawan memiliki disiplin yang tinggi, loyalitas
yang kuat, dan kehati hatian
dalam bekerja.
e.
Budaya Kerja
Excellent
Perusahaan telah menerapkan budaya kerja
Excellent. Karyawan setuju karena perusahaan menuntut agar pekerjaan yang
ditekuni memunculkan keunggulan, karyawan dituntut untuk jarang membuat
kesalahan dalam bekerja serta dituntut untuk terus belajar dan mengembangkan
diri. Karyawan juga memiliki sifat konsentrasi yang terasah sehingga dapat
menjaga mutu dari setiap produk yang ada.
f.
Budaya Kerja
Innovative
Perusahaan telah menerapkan budaya kerja
Innovative. Karyawan setuju karena perusahaan memberikan kesempatan kepada
karyawan untuk mengembangkan diri melalui program pelatihan, memberikan
kebebasan kepada karyawan dalam menjalankan tugasnya, serta memberikan
kesempatan kepada karyawan untuk mengemukakan ide. Hal ini sangat bagus dalam
mengasah kreativitas dalam diri setiap karyawan, sehingga akan lahir banyak
inovasi inovasi yang baru yang dapat membuat perusahaan semakin maju dan
bersaing dengan perusahaan
yang lainnya.
Budaya budaya seperti itulah yang membuat PT Indofood bisa
maju dan berkembang pesat hingga saat ini, antara petinggi dengan karyawan
memiliki sikap kerja dan budaya yang sangat baik dan membangun satu sama lain.
Sehingga dapat bertahan, dari dulu hingga sekarang, walaupun persaingan semakin
ketat dan banyak perusahaan perusahaan baru bermunculan.
Pada penjelasan diatas,
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk juga menerapkan budaya kerja excellent kepada
karyawan. Dalam menjalankan dan mendukung kinerjanya PT Indofood CBP Sukses
Makmur Tbk telah menerapkannya dengan baik. Karyawan setuju dengan adanya komitmen
karyawan yang ditetapkan yang artinya karyawan bersedia untuk melakukan
peraturan atau komitmen karyawan yang ditetapkan oleh PT Indofood CBP Sukses
Makmur Tbk, namun sebaiknya perusahaan melakukan monitoring pada saat karyawan
bekerja.
Selain
melakukan monitoring, perlu adanya dukungan dan keseimbangan dari divisi lain
yang ada di PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, dan mensinergikan beberapa
faktor dan variabel yang ada untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan di
sebuah perusahaan dalam menjalankan budaya kerja dan komitmen karyawan. PT Indofood
CBP Sukses Makmur Tbk juga harus memperhatikan kehadiran dan sistem informasi
yang ada di perusahaan karena hal tersebut merupakan pendukung budaya kerja dan
komitmen di suatu perusahaan.
Analisis
kompensasi (PT Indofood)
Kompensasi
adalah seluruh imbalan yang diterima karyawan atas hasil kerjakaryawan tersebut pada organisasi.
Kompensasi bisa berupa fisik maupun non fisikdan harus dihitung dan diberikan kepada
karyawan sesuai dengan pengorbanan yangtelah diberikannya kepada organisasi /
perusahaan tempat ia bekerja.
Macam-Macam / Jenis-Jenis Kompensasi Yang
Diberikan Pada Karyawan :
A. Kompensasi Langsung
Kompensasi
langsung merupakan penghargaan yang diterima karyawan dalam bentuk uang. Kompensasi langsung dapat berupa gaji (Balas
jasa yang dibayar secaraperiodik kepada karyawan yang tetap
serta mempunyai jaminan yang pasti), upahinsentif (Jenis kompensasi lain yang
diberikan kepada karyawan sebagai imbalan ataskerjanya), dan tunjangan-tunjangan lain.
B. Kompensasi Tidak Langsung
Menurut
Handoko (2001:183), “Kompensasi tidak langsung adalah balas jasapelengkap atau tunjangan yang diberikan
pada karyawan berdasarkan kemampuanperusahaan. kompensasi tidak langsung
merupakan balas jasa yang diberikan dalambentuk pelayanan karyawan, karena
diperlakukan sebagai upaya penciptaan kondisidan lingkungan kerja yang menyenangkan.
kompensasi tidak langsung menjadibeberapa bagian yaitu:
·
Pembayaran upah untuk waktu tidak bekerja
(time-off benefit) : harisakit, liburan saat cuti, alasan lain
seperti kecelakaan, kehamilan,upacara pemakaman
·
Perlindungan ekonomis terhadap bahaya : tunjangan
hari tua,tunjangan pengobatan, BPJS
·
Program pelayanan karyawan : rekreasi, perumahan,
fasilitaspembelian, aneka ragam pelayanan
Perusahaan
Indofood menerapkan sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3)
diantaranya :
a.
Komitmen dan Kebijakan
1)
Menetapkan organisasi keselamatan dan
kesehatan kerja pada posisi yang dapat menentukan keputusan perusahaan.
2)
Menyediakan anggaran tenaga kerja yang
berkualitas dan sarana – sarana lain yang diperlukan dibidang keselamatan dan
kesehatan kerja.
3)
Menetapkan personel yang mempunyai
tanggung jawab, wewenang dan kewajiban yang jelas dalam penanganan keselamatan
dan kesehatan kerja.
4)
Perencanaan keselamatan dan kesehatan
kerja yang terkoordinasi
5)
Melakukan penilaian kinerja dan tindak
lanjut pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja.
b.
Penerapan
1)
Jaminan kemampuan:
·
SDM, sarana dan prasarana
·
Integrasi
·
Tanggung jawab dan tanggung gugat
·
Konsultasi, motivasi dan kesadaran
·
Pelatihan dan kompetensi kerja
2)
Kegiatan pendukung:
·
Komunikasi
·
Pendokumentasian
·
Pencatatan dan manajemen informasi
3)
Identifikasi Sumber Bahaya, Penilaian
dan Pengendalian Resiko:
·
Identifikasi Sumber Bahaya
·
Penilaian Resiko
·
Tindakan pengendalian
·
Prosedur menghadapi keadaan darurat atau
bencana
·
Prosedur menghadapi insiden
·
Prosedur rencana pemulihan keadaan
darurat
Tinjauan Ulang Sistem Manajemen
K3 di perusahaan ini meliputi:
1.
Evaluasi terhadap kebijakan keselamatan dan kesehatan
kerja
2.
Tujuan, sasaran, dan kinerja keselamatan dan kesehatan
kerja
3.
Hasil temuan audit sistem manajemen keselamatan dan
kesehatan kerja (SMK3).
4.
Evaluasi efektivitas penerapan sistem manajemen
keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) dan kebutuhan untuk mengubah sistem
manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) sesuai dengan :
a.
Perubahan peraturan perundangan
b.
Tuntutan dari pihak yang terkait dan pasar
c.
Perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk
epidemologi
d.
Pengalaman yang di dapat dari insiden keselamatan dan
kesehatan kerja
e.
Pelaporan
f.
Umpan balik khususnya dari tenaga kerja
Pengembangan Dan Pelatihan SDM
1. Pengembangan
dan evaluasi karyawan (Development and Evaluation).
Tenaga kerja yang bekerja pada organisasi
atau perusahaan harus menguasai pekerjaan yang menjadi tugas dan
tanggungjawabnya. Untuk itu diperlukan pembekalan agar tenaga kerja yang ada
dapat lebih menguasai dan ahli dibidang masing-masing serta meninggkatkan
kinerja yang ada. Dengan begitu proses pengembangan dan evaluasi karyawan
menjadi sangat penting mulai dari karyawan pada tingkat rendah maupun yang
tinggi.
2.
Memberikan kompensasi dan proteksi pada
karyawan (Compensation and Protection).
Kompensasi adalah imbalan atas kontribusi
kerja karyawan secara teratur dari organisasi atau perusahaan. Kompensasi yang
tepat sangat penting dan disesuaikan dengan kondisi tenaga kerja. Kompensasi
yang tidak 39 sesuai dengan kondisi yang ada dapat menyebabkan masalah ketenaga
kerjaan dikemudian hari ataupun dapat menimbulkan kerugian pada perusahaan.
Proteksi juga perlu diberikan kepada karyawan agar dapat melaksanakan
pekerjaannya dengan tenang sehingga kinerja dan kontribusi karyawan tersebut
dapat maksimal dari waktu ke waktu.
Sebagai
perusahaan yang dinamis dan berupaya mengembangan berbagai inovasi dalam
perusahaan, PT. Indofood melakukan berbagai hal berikut untuk mengembangkan
SDMnya, yaitu:
1. Memfokuskan
pada pengembangan kompetensi teknis.
2. Pada
level yang lebih tinggi, karyawan dibekali dengan kemampuan manajerial dan
kepemimpinan.
3. Tersedianya
fasilitas pelatihan yang mendukung karyawan untuk mendukung proses
pembelajaran.
4. Membekali
karyawan dengan modul pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan.
5. Training
dilaksanakan oleh trainer internal atau konsultan yang kompeten dengan tujuan
memperluas pengetahuan serta terus memperbarui teknik pelatihan.
Berikut ini hal-hal yang
dilaksanakan dalam pengembangan talenta SDM di perusahaan Indofood:
- Mengetahui kebutuhan karyawan sebagai cara
mengoptimalkan kegiatan operasional perusahaan. maka dari itu, setiap
pegawai harus bekerja secara profesional sesuai dengan tanggung jawabnya.
Di lain pihak, perusahaan juga menghargai kebutuhan para pekerjanya dan
mengadakan pelatihan untuk memperoleh hasil maksimal.
- Mengadakan training untuk karyawan setiap bulan atau
dalam kurun waktu tertentu. Tujuannya untuk mendapatkan SDM profesional dan juga
ahli dalam bidang pekerjaan yang dikerjakan. Tenaga profesional, ahli dan
terdidik tentunya akan membawa perusahaan menuju kemajuan dan perkembangan
yang pesat.
- Mengadakan pelatihan untuk karyawan baru agar mereka
lebih mudah memahami seluk beluk berkarir dan budaya yang ada di
perusahaan. Dalam pelaksanaannya, karyawan baru dilatih oleh karyawan
senior agar lebih cepat tanggap dan cepat mengikuti serta beradaptasi
dengan karyawan lainnya.
- Memilih karyawan baru melalui seleksi. Serangkaian tes
dan persyaratan yang harus dipenuhi calon karyawan saat hendak masuk perusahaan
dimaksudkan untuk mendapatkan SDM yang benar-benar unggul di bidangnya.
Dengan begitu, mereka bisa lebih mudah paham dan dapat segera bekerja
setelah menerima penjelasan singkat.
- Menawarkan jenjang karir dan promosi jabatan sebagai
stimulasi untuk memicu kemampuan setiap karyawan mengembangkan diri demi
memajukan perusahaan. Penawaran tersebut juga diharapkan dapat menjaga
loyalitas para pekerja kepada perusahaan.
- Menjalin hubungan baik
dengan karyawan. Strategi ini dimaksudkan untuk menghindari
terjadinya kesenjangan sehingga semua orang tetap memiliki tujuan yang
sama yaitu meningkatkan omzet dan keuntungan
PT Indofood CBP Sukses Makmur tbk. mengelola seluruh tahapan
proses produksi makanan, dimulai dari produksi dan pengolahan bahan baku hingga
menjadi produk akhir yang siap untuk dijual kepada konsumen. SOP Proses Bisnis
PT Indofood CBP Sukses Makmur tbk. adalah sebagai berikut :
1. PT Indofood memiliki perkebunan yang
bekerja sama dengan para petani untuk mengelola hasil pertanian atau perkebunan
yang akan dijadikan sebagai bahan baku untuk memproduksi berbagai produk.
2. Hasil dari pertanian atau perkebunan
tersebut kemudian diolah menjadi bahan baku yang siap untuk diproduksi di
pabrik Indofood, sehingga menjadi produk jadi yang siap untuk dipasarkan.
3. Di pabrik Indofood, produksi semua
bahan baku diolah sebaik mungkin agar menjadi produk yang berkualitas tinggi.
Di pabrik Indofood tidak hanya terdapat kegiatan produksi, namun juga kegiatan
research yang berfungsi untuk mengendalikan komposisi-komposisi yang digunakan
dengan cara mengambil sampel secara random dan menelitinya dalam sebuah ruangan
laboratorium untuk memastikan bahwa produk tersebut telah layak untuk dipasarkan
sebagai produk yang berkualitas.
4. Pengemasan dilakukan di dalam
pabrik, dimana semua bahan baku yang telah diolah dan menjadi produk jadi
kemudian disortir ke dalam ruangan pengemasan. Selanjutnya, tenaga kerja yang
memiliki kemampuan tinggi akan mengemas produk secara cepat dan baik.
5. Distribusi merupakan komponen utama
dalam kegiatan operasional PT Indofood sebagai perusahaan Total Food Solutions.
PT Indofood tidak memiliki gudang penyimpanan di dalam pabriknya. Setiap
delapan jam sekali, produk jadi yang telah dikemas langsung didistribusikan
kepada outlet ritel atau pasar tradisional. Melalui jaringannya yang luas, PT
Indofood menjamin pendistribusian produk ke wilayah-wilayah dilakukan secara
baik dan dalam waktu sesingkat mungkin, serta ketersediaan produk-produk
Indofood di hampir seluruh pelosok nusantara.
6. Pada tahap akhir, produk yang telah
didistribusikan dari pabrik kini telah tersedia di outlet ritel serta pasar
tradisional yang berada di setiap wilayah. Kegiatan transaksi jual beli dapat
dengan mudah terjadi, karena sistem pendistribusiannya yang luas sehingga
memudahkan konsumen untuk menemukan produk Indofood.
SOP
Proses Bisnis PT Indofood CBP Sukses Makmur tbk. dapat digambarkan dalam Flow
Diagram sebagai berikut :
Sarana dan Prasarana PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk.
Sarana
dan Prasarana yang terdapat di PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Antara lain
sebagai berikut :
Sedangkan
sarana dan prasarana yang terdapat di departemen Personalia adalah sebagai
berikut :
Daftar Pustaka :
http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/2384/3/BAB%20II.pdf
https://pelajarjomblo.blogspot.com/2019/06/analisis-budaya-dan-etika-kerja-di-pt.html
https://pelajarjomblo.blogspot.com/2019/06/analisis-budaya-dan-etika-kerja-di-pt.html
You can get an itemized record of this data by utilizing a Constitutional Law Assignment Help from a Constitutional Law Expert. The Constitutional Law Assignment Help Experts at GreatAssignmenthelp.com characterize Constitutional Law as a bunch of decisions and guidelines that illuminate the Powers and obligations of various bodies inside a nation-state.
BalasHapusNice Post...
BalasHapusHP Printer Help Users To Get Quality Printouts
There could be many factors responsible for not getting quality prints from HP Printer. Sometimes, it happens due to low ink cartridge or outdated driver. Therefore, if you are not getting cleared about why my printer not printing quality printouts, you can frequently take HP Printer Help from well-qualified technicians. For this, you just have to put a ring at helpline number and stay connected with the team member. By following their proffered instructions, you will be able to resolve your problem and hence able to obtaining high-quality of printouts in a very less time and effort.
Avail the Best business law assignment contract case study Assignment Help Online at Assignment Studio. Hire 500+ Phd Experts to Get High Quality Case Study Assignment Service at the Best Discount.
BalasHapusPT TWIN Logistics perusahaan Ppjk ingin mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.
BalasHapusServices Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Keterangan tambahan :
1. Nomor Induk Berusaha ( NIB ) : 1257002601078
2. IT ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
3. SPI-PI Besi Baja,
4. SPI-PI Produk Kehutanan,
5. SPI-PI Barang Bekas,
6. SPI-PI Tekstil & Izin TPT
7. Produk-produk Lartas SNI
8. LS ( Laporan Surveyor )
9. LS Alas kaki
10. LS Garment
11. LS Textile
12. LS Electronik
Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan baik dan lancar.
Jika ada pertanyaan lebih lanjut, Bpk/ Ibu dapat menghubungi Customer Support PT TWIN Logistics melalui Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.twinlogistics@yahoo.com
Mr. Andi JM
Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
Web : www.twinlogistics.co.id , www.twin.co.id
This is incredible posting! I found enormous joy reading it, am bookmarking this for your new post. hallmark university cut off mark
BalasHapusWelldone information. I appreciate your ideas and your knowledge. Thanks for sharing with us. If you are looking for all types of details regarding. Rbi So Notification 2022 then you must have a look at our website. You will get all the details including exam preparation, syllabus, exam date-sheet, cut-off, and other things in detail. For more information, visit our website.
BalasHapushalo semuanya di sini jika Anda mencari pinjaman dengan tingkat bunga rendah dengan pengembalian 2 tingkat per tahun maka penawaran pinjaman pedro akan bagus untuk pinjaman bisnis Anda dan beberapa jenis pinjaman lain yang ingin Anda ajukan selama Anda tahu bahwa Anda dapat melakukannya pengembalian yang baik kembali sesegera mungkin kemudian hubungi mr pedro di pedroloanss@gmail.com
BalasHapus